Ads

Diberdayakan oleh Blogger.

3/23/2016

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Untuk Menentukan Masa Depanmu

| No comment
Hai Pulsker! Apa sih keinginan dan cita-citamu di masa depan? Yap, masa depan memang misteri dan ditentukan oleh Ilahi tapi bukan berarti kita berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa untuk menghadapi masa mendatang.

Justru sebaliknya, kita harus mempunyai rencana untuk membangun masa depan yang kita impikan. Contoh sederhana nih, kalo kamu ingin buah mangga yang bisa dipetik dari kebun sendiri, artinya kamu harus nanam pohonnya kan? Disiram, dirawat serta dipupuk agar segera berbuah, benar?

Kira-kira seperti itulah gambaran sederhana sebuah rencana. Apa yang kamu impikan haruslah diusahakan mulai dari saat ini, bukan nanti. Bagusnya lagi, kalo kita punya target waktu untuk mengetahui hasil apa yang sudah kita peroleh. Misalnya, dalam waktu 5 tahun, aku sudah bisa jadi . . . atau dalam 5 tahun aku sudah punya . . . (isi sendiri deh, titik-titiknya, hehehe)

Waktu lima tahun itu akan terasa cepat jika kamu tidak merencanakan apapun dalam hidupmu. Tapi sebaliknya Pulsker, hidupmu akan terasa panjang dan bermakna jika kamu memiliki rencana-rencana untuk masa depanmu. Mulai dari menentukan di mana kamu akan menuntut ilmu sesuai dengan keinginanmu, bekerja di tempat yang kamu impikan sampai mengatur keuangan dengan cerdas, agar apa yang sudah kamu dapatkan benar-benar bermanfaat dan tidak terhamburkan secara sia-sia.

Kamu mungkin nggak pernah tau apa yang terjadi besok, lusa atau 5 tahun mendatang. Tapi kamu bisa memulai mencobanya dengan 5 cara ini!

1. Menentukan Apa yang Kamu Inginkan Dalam 5 Tahun ke Depan

(Ilustrasi Menentukan Target, sumber  : http://vevatv.com.au)

Perencanaan adalah dasar dari sebuah target. Kamu harus tahu apa yang kamu mau, misal dari sesuatu yang ingin kamu beli, di mana kamu akan bekerja atau bisnis apa yang akan kamu mulai.

Tentukan terlebih dahulu apa yang ingin kamu capai. Dengan begitu, kamu bisa tahu hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan demi mencapai target itu. Jika perlu, kamu bisa membuat catatan tentang target yang ingin dicapai, sampai deadline kapan target itu harus tercapai. Buatlah to-do list setiap hari. Ini terlihat sepele tapi ingat Pulsker, tidak ada hal besar yang bisa dicapai jika hal kecil tidak dikerjakan.

2. Komitmen

(llustrasi Commitment, sumber : 500px.com)

Sebuah komitmen sangat penting untuk tujuan yang besar. Karena jika kamu hanya memliki niat tapi nggak berkomitmen, rencana sebesar apapun akan percuma. Jadi kalau dalam mencapai tujuanmu di tengah jalan ada godaan yang menghadang, ingatlah dengan komitmenmu.

Komitmen itu ibarat mengayuh, semakin sering kamu mengayuh, semakin dekat kamu dengan tujuan.

3. Mempunyai Mindset Entrepreneur

(Ilustrasi Memiliki Mindset Entrepreneur, sumber  : www.startupist.com)

Buat kamu yang masih jadi mahasiswa, biasanya nih, seringnya berpikir jika setelah lulus nanti ingin bekerja di perusahaan X atau ikut perusahaan Y dan sebagainya. Nggak salah sih, tapi tahukah kamu bahwa bekerja pada perusahaan atau menjadi karyawan hanyalah salah satu cara untuk mendapatkan income.

Padahal, nggak mesti nunggu lulus pun, kamu sudah punya potensi untuk mendapatkan income, loh...

Mindset pengusaha harus kamu tanamkan sejak dini. Why? Karena karyawan pun kelak juga ada masa kerjanya, pensiun misalnya. Tahukah kamu apa yang dilakukan saat pensiun selain menunggu gaji pensiunan setiap bulan? Ya, berwirausaha.

Intinya, boleh saja kamu bercita-cita untuk menjadi pria berdasi atau wanita karir. Tapi sebaiknya kamu juga punya rencana untuk wirausaha mandiri tanpa bergantung pada gaji perusahaan.

4. Totalitas dalam Bekerja

(Ilustrasi Totalitas Dalam Bekerjasumber : hrdmanagement.com)

Jika kamu ingin berhasil dalam pekerjaan atau usahamu, kamu harus memiliki totalitas tanpa batas dalam bekerja. Jangan pernah meremehkan pekerjaan sekecil apapun. Belajarlah untuk menghargai waktu dan orang lain. Carilah peluang sebanyak mungkin, menjadi orang yang kreatif dengan ide-ide brilian, dan jangan takut untuk gagal.

Semakin total dalam bekerja, semakin ahli dan mahir dalam pekerjaanmu maka, pada akhirnya penghargaan atas kemampuanmu itu juga mengikuti, alias duitmu juga makin tebel.

5. Cerdas Mengatur Keuangan

( Ilustrasi Smart Memilih, sumber : www.optibacprobiotics.sg )

Ini adalah point penting dan sangat riskan dalam kehidupan bisnis dan karirmu. Sekaya apapun kamu, jika tidak bisa mengatur keuangan, maka kerja kerasmu akan menjadi sia-sia.

Salah satu tips mengatur keuangan adalah dengan cara menabung atau berinvestasi. Tapi jika kamu masih belum mampu untuk mengelola investasi maka, cara terbaik adalah menabung.

Sumber : http://www.pulsk.com/643481/
Tags : ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Follow Us on Facebook